Wednesday, May 5, 2010

Penyakit kuku, tangan dan mulut.

Anda perlu mewaspadai penyakit Tangan, kaki dan mulut. Walaupun sebenarnya merupakan penyakit yang tidak berbahaya dan akan dapat sembuh dengan sendirinya namun jika disertai komplikasi bisa menimbulkan kematian. Seperti yang terdapat di Serawak, Malaysia dimana 31 orang anak-anak meninggal dunia pada tahun 1997, di Taiwan, 78 orang meninggal dunia pada tahun 1998, di Brunei Darussalam 4 orang meninggal dimana pada bulan maret 2006 Brunei Darussalam menutup semua sekolah sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Pada September 2000, lebih dari 1.000 anak-anak di Singapura telah didiagnosa mengidap penyakit HFMD.

Penyakit HFMD biasanya mewabah pada cuaca panas dan kering dan bisa menyerang siapapun anak-anak di mana saja tanpa mengira aspek geografi.

Penyakit HFMD atau dikenal dengan penyakit tangan, kaki dan mulut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang bayi dan anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Walaupun yang diserang kebanyakan adalah anak-anak namun orang dewasapun bisa terjangkiti kalau daya tahan tubuhnya sangat lemah. Penyakit HFMD ini tidak ada hubungannya dengan penyakit kuku dan mulut yang menyerang binatang ternak seperti:lembu dan biri-biri.

Jika anak anda menunjukkan tanda-tanda seperti:

- lemah

- tidak buang air kecil selama lebih dari 8 jam

- sariawan dalam mulut dan kerongkongan

- tidak berselera makan atau minum

- muntah

- kejang-kejang

- pucat

- pada bayi keluar air liur yang disebabkan karena sariawan

- demam panas (suhu 38 derjat Celsius atau lebih)

- ruam merah disertai dengan bintil berair di tangan, kaki dan sekitar mulut

- nafas cepat serta denyut jantung kencang

Semua tanda-tanda di atas kemungkinan menunjukkan penyakit tersebut menjadi lebih serius. Anak-anak yang berumur 2 tahun ke bawah mudah mendapat komplikasi-komplikasi penyakit ini. Oleh yang demikian, orang tua dinasihatkan supaya terus berwaspada akan tanda-tanda tersebut di kalangan anak-anak, karena sangat sukar untuk meramalkan anak-anak yang mungkin mendapat penyakit serius.Ada juga penderita yang hanya mendapat satu gejala, namun jika terdapat ruam berair di tangan, kaki atau saiawan di mulut maka berarti anak anda terinfeksi HFMD. penyebab penyakit ini adalah virus.Ada beberapa jenis virus yang menyebabkan penyakit ini. virus yang paling biasa adalah virus Coxsackie A16. Ada 23 jenis Coxsackie A dan enam jenis Coxsackie B. Virus Coxackie A16 biasanya akan sembuh dalam jangka waktu tujuh hingga 10 hari dan bioasanya tanpa komplikasi.

Sebagian kecil kasus HFMD juga disebabkan beberapa kumpulan enterovirus seperti enterovirus EV71. virus coxsackie merupakan salah satu jenis virus yang terdapat dalam kelompok yang dikenal sebagai enterovirus seperti poliovirus dan enchovirus.

Komplikasi biasanya disebabkan oleh kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi karena penderita tidak mau makan atau minum hal ini disebabkan karena sariawan. Virus enterovirus juga menyerang system saraf, otak dan jantung penderita sehingga menyebabkan radang otak meningitis dan inflamasi serta peradanganan otot jantung (miokarditis). Selanjutnya terjadinya kejang-kejang diiringi demam panas. Komplikasi inilah yang bisa menyebabkan kematian

Penyakit HFMD ini sangat berbahaya jika yang terinfeksi adalah bayi. Segera bawa bayi anda ke dokter jika bayi atau anak-anak yang terjangkiti HFMD mengalami demam panas, tidak mau minum susu, enggan minum air, muntah-muntah atau mencret karena memerlukan perawatan intensif. Juga dapatkan perawatan jika anak yang terjangkiti sesak nafas, susah bernafas, selalu tidur dan kelihatan lemah(meningitis). Atau rasa berdebar-debar dan sakit dibagian dada (miokarditis).

Gejala seperti demam biasanya akan hilang pada hari ketiga atau keempat, sariawan akan hilang pada hari kelima hingga ketujuh sedangkan ruam merah di tangan dan kaki akan hilang dalam tempo 10 hari.

Penyebaran penyakit ini melalui kontak langsung melalui cairan yang keluar dari air ludah, air dari ruam, hidung, kerongkongan atau tinja si penderita.

Kultur virus biasanya mengambil masa 2 hingga 4 minggu. Walaupun tidak ada perawatan spesifik, penderita yang tidak ada komplikasi akan diberi obat penurun demam dan obat sariawan. Penderita juga dianjurkan banyak minum air putih.

Langka-langkah pencegahan:

1. anak-anak yang mengalami gejala HFMD harus dibawa ke dokter secepat mungkin

2. anak yang terinfeksi jangan dibawa ke tempat-tempat umum seperti: pasar, kolam renang, sekolah, dsb

3. menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan setelah ke luar dari toilet, setelah melakukan pekerjaan rumha yang tidak bersih.

4. jangan bertukar barang seperti: handuk,sikat gigi, pakaian dan sebagainya.

5. adik beradik hendaklah dipisahkan dan jangan dibiarkan bermain bersama jika salah seorang mengidap penyakit HFMD sampai benar-benar sembuh.

6. jika demam anak tidak turun setelah diberi obat segera bertemu dokter.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment